Mantap, Wabup Bengkalis Buka MTQ Ke-XVI Tingkat Desa Beringin

Bengkalis1539 Dilihat

Talang Muandau,DuriPos.com – Wakil Bupati DR. H Bagus Santoso secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XVI Tingkat Desa Beringin Kecamatan Talang Muandau Tahun 1445 H – 2024 M bertempat di Halaman Kantor Desa Beringin, Senin (27/5/2024) malam.

MTQ kali ini mengangkat tema “Melalui Musabaqah Tilawatil Quran Kita Wujudkan Potensi Minat dan Bakat Generasi Quran yang Cerdas Unggul dan Berkarakter”.

Pj Kades Beringin, Hernan menyebutkan Kepada generasi muda Islam harus ditanamkan pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang keragaman dalam masyarakat. Menekankan tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lainnya.

“Dari sisi penyelenggaraannya, pelaksanaan MTO juga mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dipertandingkan. Ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam mendukung kegiatan MTO ini demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Our’ani,” kata Hernan saat dikutip memberi kata sambutan.

Ditambahkannya, MTO tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Our’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah.

“Saya juga berharap, nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTO ini akan menjadi semangat berlomba untuk menjadi juara. Mari kita jadikan Musabagah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” terangnya.

Para Peserta, diutarakannya, diharapkan tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Our’an, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

“Saya optimis, Musabagah Tilawatil Our’an dapat terus dilaksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahim dan kebersamaan, sehingga makin kuat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Desa yang maju,” ujarnya.

Camat Talang Muandau, Risky Afriandy mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan Ibu Kasmarni bersama Bapak Bagus Santoso terus mendukung terselenggaranya MTQ.

“Melalui Dana Bermasa, tentunya dengan dilaksanakan kegiatan ini bisa memberikan ruang bagi anak-anak untuk berprestasi dan mengembangkan diri menjadi Qori dan Qoriah,” sebutnya.

Sementara itu Wabup H Bagus Santoso mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada Pj.Kepala Desa Beringin terkhusus kepada panitia pelaksana, atas inisiatif dan kreativitasnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana seperti ini.

“Melalui momentum MTQ ini, selain sebagai ajang untuk mensyiarkan islam, hendaknya juga dapat kita jadikan sebagai wadah untuk kita dapat menggali potensi minat baca Al-qur’an dalam membentuk generasi qur’ani yang cerdas, unggul dan berkarakter, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” ujarnya.

Ia juga mengatakan ketika kita ingin menjadi masyarakat yang memiliki minat, bakat serta menjadi generasi yang qurani, unggul dan berkarakter, seharusnya kita memiliki tabiat agama sebagaimana terkandung dalam Al-qur’an.

“Tabiat dan wawasan yang tidak dibatasi oleh sempitnya dinding-dinding kemanusiaan, karena masyarakat beriman, religius dan berkarakter, akan mampu berpartisipasi dalam mewarnai pembangunan bangsa, negara dan daerah,” ujar Wabup.

Wabup juga optimis bahwa melalui masyarakat Talang Muandau khususnya Desa Beringin yang beriman, masyarakat qurani dan berkarakter inilah pada akhirnya, kita dapat membentuk sebuah masyarakat unggulan atau yang lebih dikenal dengan masyarakat madani.

“Masyarakat yang menjunjung tinggi etika dan moralitas, termasuk menghindari perbuatan negatif serta menghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan, dan hidup dalam suatu ikatan persaudaraan yang kokoh, sehingga dapat menjadi perekat nilai-nilai kemasyarakatan, dalam membangun Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” tutupnya.

Tampak hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Terpilih Bapak Tairan, SH, Camat Talang Muandau Risky Afriandy dan Pj Kepala Desa Beringin Hernan.***

Komentar