Sosialisasi Kode Etik dan Perilaku Pegawai Untuk Perkuat Integritas Kinerja

Bengkalis228 Dilihat

Bengkalis,DuriPos.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas pegawai, Lapas Bengkalis menggelar sosialisasi Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa seluruh pegawai Lapas Bengkalis memahami dan mentaati standar perilaku yang ditetapkan, sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 20 Tahun 2017.

Kepala Lapas Bengkalis, Muhammad Lukman mengatakan pentingnya penerapan etika dan perilaku yang baik dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik di Lembaga Pemasyarakatan ini.

“Kode etik dan kode perilaku pegawai adalah landasan bagi setiap pegawai dalam menjalankan tugasnya dengan profesionalisme, transparansi, dan integritas yang tinggi,” tegasnya.

Melibatkan seluruh pegawai Lapas Bengkalis dari masing – masing seksi, pada sosialisasi ini materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, mulai dari integritas, tanggung jawab, kedisiplinan hingga hubungan antar pegawai dan dengan masyarakat.

Selain itu, ditekankan pula pentingnya menjaga kerahasiaan informasi serta menghindari konflik kepentingan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Sosialisasi ini, para peserta juga diberikan pemahaman tentang sanksi yang akan diterapkan bagi pegawai yang melanggar Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini sebagai bentuk komitmen Lapas Bengkalis dalam menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan berintegritas.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir menyembutkan penerapan nilai-nilai organisasi Kementerian Hukum dan HAM menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

“Nilai tersebut adalah Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif (PASTI). Melalui kegiatan sosialisasi ini, setiap pegawai dapat lebih memahami pentingnya menjaga etika dan perilaku yang baik dalam menjalankan tugasnya demi terciptanya pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat,” paparnya.**

Komentar