Hadiri Peringatan HDI 2023, Bupati Bengkalis Ajak Semua Pihak Memberi Ruang Penyandang Disabilitas

Bengkalis1234 Dilihat

Mandau,DuriPos.com .- Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Toharudin menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2023 di Mall Maudau City (Mancy), Ahad 03 Desember 2023.

Kehadiran Bupati Bengkalis membuka secara resmi acara pentas seni dan perlombaan yang diikuti siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Duri melalui tema ‘Kebersamaan Dalam Perbedaan, Menuju Lingkungan Inklusif’.

Selain membuka acara tersebut, Bupati Bengkalis melalui Asisten Toharuddin mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama memberikan ruang serta kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk beraktifitas dan berkreatifitas.

“Momentum peringatan HDI ini, hendaknya menjadi langkah tepat kita untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas, dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, yaitu dari paradigma karitatif dan charity based menjadi paradigma yang human rights based,” pesannya.

Dikatakan Toharuddin juga mengajak pada hari disabilitas internasional ini, anak-anak keluarga besar SLB Cendana Duri untuk tetap semangat, tetap berdaya dan tetap produktif.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap memberikan dukungan dalam menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi para penyandang disabilitas di negeri ini, agar hidup lebih bermartabat dan sejahtera,” ujarnya.

Karena penyandang disabilitas, ditambahkan Toha juga adalah warga negara Indonesia, memiliki hak, kewajiban dan kedudukan yang setara, serta memiliki kesempatan yang sama dengan kita. Sudah seharusnya kita tidak lagi memiliki stigma negatif terhadap penyandang disabilitas, justru kitalah yang harus memberikan dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan ini.

“Pemerintah Daerah tetap komit dan serius dalam memberikan perlindungan, kesempatan serta kesejahteraan kepada penyandang disabilitas, dengan menciptakan aksesibilitas dan inklusivitas bagi seluruh penyandang disabilitas di negeri junjungan ini,” ungkapnya.

Adapun salah satunya, Lanjut Toha dengan meningkatkan akses pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, pelayanan publik pemerintah maupun kesempatan kerja kepada para penyandang disabilitas.

“Buat penyandang disabilitas, khususnya anak-anak SLB Cendana Duri, teruslah berkarya, kekurangan jangan dijadikan halangan dan hambatan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Jangan berkecil hati, sesungguhnya kehidupan saudara dilindungi sepenuhnya oleh undang-undang,” pungkasnya.

Hadir acara peringatan HDI 2023 di Mall Mancy tersebut Direktur Yayasan Pendidikan Cendana Riau Dr Deni Satria M.Pd,
Direktur Umum Yayasan Pendidikan Cendana Duri, Masrur, Direktur Pendidikan Yayasan Kepala SLB Cendana Duri Nurfitri Elyondri, Ketua Komite SLB Cendana Duri Mukhlis dan Undangan lainnya.**

Komentar