Bengkalis Ditetapkan Status Siaga Karhutla, Kepala BPBD Himbau Jangan Membakar

Bengkalis, Lingkungan2217 Dilihat

Bengkalis,DuriPos.com – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis telah ditetapkan status siaga dan juga merupakan upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Karhutla.

Di Kabupaten Bengkalis Pada Tahun 2023 tepatnya Bulan Januari dan Febuari sudah ada terjadi Karhutla diantaranya di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan dan Bandar Laksamana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, ST saat dikonfimasi membenarkan atas status siaga Karhutla di Negeri Junjungan untuk beberapa Bulan kedepannya.

“Sekarang, status siaga Karhutla di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Bengkalis,” Kata Hadi Prasetyo, ST  yang juga mantan Plt Kadis PUPR Kabupaten Bengkalis ini via Whatsapp kepada wartawan, Senin (20/2/23)

Ditambahkannya, Berdasarkan prakiraan BMKG, ada perubahan cuaca dari hujan menjadi kemarau terhitung sejak Februari sampai pertengahan September, ditambah beberapa wilayah sudah muncul titik panas. Untuk itu sangat perlu kesiapsiagaan.

“Kita menghimbau agar jangan membakar sampah, jangan membuka lahan untuk pertanian atau perkebunan dengan membakar, waspada cuaca panas ekstrem, jika mengetahui kejadian karhutla segera lapor ke pos BPBD terdekat,” pungkasnya.(*)

 

Komentar