Secara Virtual, Dandim 0303/Bengkalis Ikuti Sosialisasi Rekruitmen Personel Komcad 2023

Bengkalis, Militer1438 Dilihat

Bengkalis,DuriPos.com – Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto mengikuti sosialisasi rekruitmen Personel Komponen Cadangan Matra Darat (Komcad) tahun 2023 di wilayah Kodam I/BB yang di laksanakan secara virtual, Jum’at (20/1/2023) sekitar pukul 08.00 wib.

Bertempat di ruang Transit Makodim 0303/Bengkalis jalan Bantan, Kecamatan Bengkalis sosialisasi turut dihadiri Kasdim Mayor Arh Sudiyono, Bupati Bengkalis diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Andris Wasono, Kepala Dinas diruang lingkup Kabupaten Bengkalis.

Serta Direktur Politeknik Negeri Bengkalis diwakili Wadirut 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Akmal Indra, Kalapas Kelas II A Bengkalis diwakili Kasi Binadik Hasan, Kepala Satpol PP Bengkalis Hengky, Ketua STIE Bengkalis diwakili Wakil Ketua III Sri Rahmany, Ketua STAIN Bengkalis diwakili oleh Wakil Ketua III dan tamu undangan lainnya.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin diwakili oleh Kasdam Brigjen TNI Nawawi dalam sambutannya mengatakan Komponen Cadangan disiapkan sesuai dengan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional.

“Dimana Komcad ini tujuannya untuk pertahanan negara dalam rangka meningkatkan nasionalisme disiplin kesadaran berkorban untuk bangsa dan negara dan rasa setia kepada Pancasila dasar Negara Republik Indonesia,” ucap Brigjen TNI Nawawi sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Pangdam I/BB yang sedang mempersiapkan Rally F1H2O di Danau Toba.

Sementara itu, Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dalam sambutannya menjelaskan pembentukan Komponen Cadangan tidak dipungut biaya apapun, seluruhnya ditanggung oleh Direktorat Jendral Potensi Pertahanan Kemhan Republik Indonesia. Untuk pendaftaran dibuka secara online mulai Whatsapp 0896.1937.0020 atau diakses di https://komcad.kemhan.go.id.

“Bagi peserta yang mengikuti pendidikan Komcad akan diberikan uang saku sebesar Rp 1.750.000 selama 3 bulan. Mendapatkan jaminan kesehatan selama pendidikan 3 bulan dan dilanjut selama 1 tahun walaupun sudah selesai. Mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan kematian selama 1 tahun. Dan jika tidak lulus seleksi akan dikembalikan dan diberikan uang jalan.Tidak ada kontak fisik selama pendidikan, yang diperbolehkan hanya tindakan yang sifatnya menguatkan fisik,” jelasnya.

Ditambahkan paparan dari Narasumber Kolonel Arh Rudi Setiawan menjelaskan pelaksanaan pendaftaran di mulai dari tanggal 2 Januari s/d 14 April 2023.

“Pelaksanaan seleksi Administrasi akan dilaksanakan tanggal 17 s/d 25 April 2023, untuk pelaksanaan seleksi kompetensi tanggal 26 april s/d 5 Mei 2023, untuk Pantukhir dilaksanakan tanggal 5 Mei 2023, tanggal 8 Mei s/d 5 agustus 2023 pelaksanaan Latsarmil,” tambahnya.

Sedangkan untuk persyaratan untuk menjadi Komcad 2023 matra darat Dam I/BB, dikatakan Kolonel Arh Rudi, usia 18 s/d 35 tahun, beriman, setia pada Pancasila, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas.

“Selama mengikuti pendidikan Komcad, peserta akan menerima , uang saku sebesar 1.750.000, uang makan sebesar 750.000, uang Snack 10.000 dan Kaporlap sebanyak 69 Item , jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan. Dan masa pengabdian Komcad sampai umur 48 tahun,” paparnya.**

Komentar