Intervensi & Konvergensi Stunting Tingkat Desa Buluh Apo

Bengkalis112 Dilihat

Pinggir,DuriPos.com – Gizi merupakan faktor penting karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu perlu pelayanan gizi yang berkualitas pada individu dan masyarakat.

Pelayanan gizi merupakan salah satu sub-sistem dalam pelayanan kesehatan paripurna, yang berfokus kepada keamanan pasien. Dengan demikian pelayanan gizi wajib mengacu kepada standar yang berlaku.

Mengingat masih dijumpai kejadian malnutrisi di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya khususnya stunting, maka perlu upaya pendekatan yang lebih strategis.

Menindaklanjuti hal tersebut diatas Pemerintah Desa (Pemdes) Buluh Apo melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting melakukan Konvergensi Stunting, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Buluh Apo dihadiri oleh Pj kades Azhari Oloan Harahap S.STP, M.Si, Sekdes Purnawan, Babinsa, Bidan Desa, kadus, Ketua RT dan RW serta Kader Posyandu.

Pada kesempatan itu, Pj Kades Buluh Apo
Azhari Oloan Harahap, menyampaikan bahwa Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting adalah Intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama.

“Ini dilakukan dengan menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa Desa buluh Apo untuk mencegah stunting,” ungkapnya.

Azhari menyebutkan, Penyelenggaraan intervensi, baik gizi spesifik maupun gizi sensitif secara konvergensi dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.

“Untuk mendukung program pemerintah dalam penurunan angka stunting agar kiranya dapat memperkuat kapasitas Kabupaten dalam Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting melalui intervensi Spesifik dan Sensitif,” pungkasnya. (Kapten)

Komentar