PHR Perbaiki Jalan Lintas Kubu-Pinang Rohil Sepanjang 14 KM

Permudah Operasi Migas

Industri743 Dilihat

ROKAN HILIR,DuriPos.com – Guna mempermudah operasional untuk mendukung ketahanan energi nasional, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan perbaikan Jalan Lintas Kubu-Pinang, yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau. Kondisi jalan tersebut awalnya rusak parah dan memperihatinkan, sehingga proses perbaikan mesti dilakukan dengan pengaspalan ulang sepanjang 14 kilometer (KM).

Selain untuk memperlancar aspek-aspek operasi migas tersebut, jalan yang diperbaiki PHR ini juga akan bermanfaat bagi masyarakat setempat yang menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari. Perbaikan infrastruktur tersebut sudah dimulai sejak 20 Maret 2023, dan ditargetkan akan rampung pada 31 Juli 2023.

PHR mengalokasikan perbaikan jalan sepanjang 14 KM, dengan lebar jalan seluas 6 sampai 7 meter. Jalan yang dibangun itu turut meliputi 4 Kelurahan dan 2 Kecamatan, di antaranya Kelurahan Bangko Permata, Bangko Kanan dan Teluk Bano Kecamatan Bangko Pusako. Lalu juga meliputi kawasan Kelurahan Teluk Nilap, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir.

Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto menjelaskan bahwa perbaikan sarana infrastruktur tersebut untuk menunjang aspek-aspek operasi PHR dan juga memudahkan mobilitas masyarakat sekitar.

“Selain untuk memudahkan operasional, jalan yang kita perbaiki dengan pengaspalan ulang sepanjang 14 KM ini juga akan bermanfaat bagi warga sekitar. Jadi ini akan memberikan manfaat ganda, operasi lancar dan warga turut terbantu,” katanya.

Lokasi jalan tersebut, tak hanya dilalui kendaraan operasional PHR saja, namun juga dilintasi oleh kendaraan umum lainnya. Ke depan, pihaknya berharap kepada segenap elemen masyarakat untuk sama-sama menjaga aset bersama tersebut.

“Harapan kami, jalan ini sama-sama kita jaga dan rawat agar bertahan lama dan bermanfaat luas bagi masyarakat sekitar wilayah operasi PHR,” ungkap Rudi.

Saat ini, PHR melalui mitra kerjanya tengah fokus dalam perbaikan Jalan Lintas Kubu-Pinang, perusahaan Upstream Migas terkemuka di Regional Sumatera dan Tanah Air ini menurunkan mitra kerjanya untuk melaksanakan perbaikan jalan tersebut.

Sebelumnya, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama Wakilnya Sulaiman juga mengajak pihak swasta untuk turut membantu merealisasikan perbaikan jalan tersebut. Pemkab memfasilitasi pertemuan antara tokoh masyarakat dari Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam (Kuba) dengan perusahaan yang beroperasi di wilayah itu yakni PT Jatim Jaya Perkasa (JJP) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), belum lama ini.

Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk menangani perbaikan jalan lintas tersebut. Sebagai informasi, untuk tahun 2021 Pemkab Rohil sudah menggelontorkan dana 63 miliar dan tahun 2022 sebanyak 32 miliar untuk jalan lintas Kubu. Dengan keterbatasan anggaran yang ada, Bupati menginginkan perusahaan terkait ikut berpartisipasi agar jalan tersebut tidak jadi permasalahan setiap tahunnya.

“Terima kasih kepada PHR yang telah mengalokasikan perbaikan Jalan Lintas Kubu-Pinang. Ini adalah hasil pertemuan kami di Kubu belum lama ini, alhamdulillah terima kasih dan kami memberikan apresiasi terhadap PHR,” kata Wakil Bupati Rohil, Sulaiman dalam acara Sosialisasi Seismik di Rohil.

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.(*)

Komentar