Besok, KPU Bengkalis Gelar PSU di Dua TPS

Bengkalis, Politik797 Dilihat

Bengkalis,DuriPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bengkalis besok hari Sabtu 17 Februari 2024 akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS.

Dua TPS yang melakukan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu itu adalah TPS 04 Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau dan TPS 11 Desa Tengganau, Kecamatan Pinggir.

Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina saat dikonfirmasi awak media, Jum’at (16/2/2024) membenarkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di dua TPS tersebut.

“Kita sudah menerima rekomendasi permintaan PSU, dan kita bergerak cepat rencana akan dilaksanakan besok hari Sabtu,” ucapnya.

Ia menyebutkan untuk logistik PSU sudah tersedia dan di cap PSU pada surat suaranya, sementara itu untuk petugas Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS) telah ditunjuk yang baru, tidak menggunakan anggota KPPS sebelumnya.

“Kita sudah tunjuk KPPS yang baru untuk melaksanakan PSU di dua TPS tersebut,” ungkapnya Ketua KPU Bengkalis yang akbar di sapa Elsa itu.

Sebelumya Ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten bengkalis mendapatkan laporan bahwa ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Mandau dan kecamatan Pinggir Kabupaten bengkalis Riau yang melakukan kecurangan pada saat pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Usman menyebutkan di kabupaten Bengkalis ada dua TPS yang berpotensi dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yakni di TPS 04 Kelurahan Babusalam Mandau dan TPS 011 desa tengganau kecamatan Pinggir.

Usman menyebutkan potensi PSU di TPS 011 desa tengganau disebabkan karena adanya satu orang yang mencoblos dua kali dengan surat c pembaruan yang berbeda,

sedangkan di lokasi TPS 04 Babussalam adanya pemilih yang melakukan pencoblosan dengan menggunakan nama orang lain dan diduga adanya pemalsuan tanda tangan oleh oknum tertentu.

“Atas pencermatan kejadian khusus yang dilaksanakan PTPS Bawaslu di tempat TPS, maka kemudian PTPS, KPPS dan PPK akan membuat surat rekomendasi pada KPU untuk dilakukan pemungutan suara ulang,” ungkap Ketua Bawaslu Usman.**

Komentar