Pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri, Pemkab Bengkalis Wujudkan Asa Masyarakat

Bengkalis2964 Dilihat

Mandau,DuriPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bengkalis kembali melanjutkan pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri yang membela hutan Talang menembus kecamatan Pinggir.

Jalan Lingkar Barat Duri ini, salah satu harapan masyarakat Duri untuk mengalihkan mobil bertonase berat dan mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas yang sering terjadi di Jalan Hangtuah Duri.

Dengan adanya pembangunan jalan Lingkar Barat Duri, Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis telah mewujudkan harapan (Asa-red) masyarakat kota Duri yang meliputi 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Mandau, Bathin Solapan , Pinggir dan Talang Muandau.

Saat ini, Jalan Lingkar Barat Duri sedang berlangsung pengerjaannya oleh PT.Riau Mas Bersaudara dan ditargetkan Pemkab Bengkalis pada tahun 2024 mendatang akan segera di fungsikan untuk akses mobil tonase berat atau mobil besar dari Km 11 Kulim dan keluar di Kecamatan Pinggir.

Direktur PT.Riau Mas Bersaudara H.Asmen melalui General Superintendent Amrizal
yang melakukan pekerjaan Jalan Lingkar Barat Duri saat di konfirmasi awak media, Rabu 29 November 2023, menjelaskan kegiatan pekerjaan jalan Lingkar Duri Barat untuk membelah hutan talang sudah berlangsung menembus jalan menuju kecamatan Pinggir.

Di jelaskannya untuk saat ini pekerjaan jalan Lingkar Barat Duri dari km 11 kulim hingga kecamatan Pinggir, progresnya dari Sta 000 sampai sta 3.050 bobot pekerjaannya sudah mencapai 75 Persen. Sementara Sta 3.050 sampai Sta 4.790 bobot pekerjaannya sudah sekitar 80 Persen dengan panjang aspal 1.722 meter.

Alat PT.Riau Mas Bersaudara sedang melakukan pekerjaan Jalan Lingkar Barat Duri

“Alhamdulillah, dalam pengerjaannya tidak ada kendala di lapangan semua berjalan lancar, untuk kayu-kayu dari pohon yang kita tumbangkan semua disaksikan dan serahkan kepada pihak PT.PHR,” jelasnya.

Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai ke BUMN

Sebelum dilanjutkan pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri ini, Bupati Bengkalis Kasmarni telah menandatangani perjanjian pinjam pakai bersama Barang Usaha Milik Negara (BUMN) Hulu Minyak dan Gas Bumi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2 Agustus 2023.

Saat penandatanganan tersebut Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Ersan Saputra TH bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dimana perjanjian pinjam pakai yang ditandatangani Bupati Kasmarni dan Kepala Pusat Pengelolaan BUMN PPBMN KESDM Sumartono ini disaksikan Vice President Corporate Secretary PT.Pertamina Hulu Rokan (PHR) Rudi Ariffianto, di ruang rapat Utama, Gedung Pusat Arsip Kementerian ESDM.

Dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut, Pemkab Bengkalis akhirnya mendapatkan izin pinjam pakai tanah untuk pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat luas.

Bupati Kasmarni mengungkapkan, untuk mendapatkan izin ini, perjuangan Pemkab Bengkalis sudah dimulai tahun 2003 silam dimasa kepemimpinan sebelumnya, baru tahun 2023 ini dapat terwujud.

“Dukungan seperti ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami dan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Karena masyarakat kami sudah menunggu puluhan tahun agar pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri dapat dilakukan,” kata Bupati Bengkalis Perempuan pertama di Kabupaten Bengkalis, pada tanggal 02 Agustus 2023 lalu.

Tim PUPR Bengkalis Sedang Peninjauan Pekerjaan Jalan Lingkar Barat Duri

Dikatakan Mantan Camat Pinggir itu, saat ini intensitas pergerakan lintas kendaraan di Kota Duri cukup tinggi dan menjadi salah satu jalur lintas Sumatera, solusinya Pemkab Bengkalis akan membangun Jalan Lingkar Duri Barat yang melewati aset Hulu Migas.

Bupati Bengkalis Kasmarni berkomitmen untuk menjalankan apa yang telah disepakati dalam perjanjian itu, baik meliputi letak dan luas areal, hak dan kewajiban para pihak, kode etik perjanjian dan lain-lain.

“Namun demikian kami berharap Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR), dapat turut memonitoring, memberikan sumbang saran, ide serta evaluasi terhadap pembangunan Jalan Lingkar Barat Duri nantinya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan BMN PPBMN KESDM Sumartono bersyukur apa yang diperjuangkan Pemkab Bengkalis disetujui Kementerian Keuangan.

Sumartono berharap, dibawah kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni tanah negara yang dipinjam pakai dapat dibangun jalan, pemanfaatannya disertai pula dengan pemeliharaan dan pengamanan.

“Kami mohon tanggung jawab pemeliharaan dan pengamanan kepada ibu Bupati Bengkalis Kasmarni, hari ini pinjam pakai tapi ke depan ada kemungkinan dihibahkan. Kami juga akan melakukan monitoring agar tertib dalam pelaporan pemanfaatan, sehingga tidak menjadi persoalan bagi Pemkab Bengkalis,” ujarnya.

Bupati Bengkalis Kasmarni Tinjau Pekerjaan Jalan Lingkar Barat Duri

Bupati Bengkalis Kasmarni, pada hari Kamis 19 Oktober 2023, tinjau langsung proses pekerjaan Jalan Lingkar Barat Duri yang pengerjaannya dilakukan oleh PT.Riau Mas Bersaudara menembus belantara hutan talang menuju Kecamatan Pinggir.

Pengaspalan Jalan Lingkar Barat Duri di Sta 3.050 sampai Sta 4.790

Saat peninjauan Bupati Bengkalis Kasmarni juga didampingi Kadis PUPR Bengkalis Ardiansyah, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bathin Solapan M.Rusydy, Camat Pinggir Zamariko Dakanahay, Camat Talang Muandau Rizky Afriyandy dan sejumlah Kepala OPD dilingkup Sekretariat Kabupaten Bengkalis.

Dihadapan Bupati Bengkalis Kasmarni Pimpinan PT.Riau Mas Bersaudara H.Asmen memaparkan pekerjaan yang telah berjalan mulai dari menerobos hutan talang, membuat jalan pelintasan Gajah dan pengaspalan.

“Alhamdulillah hari ini kita lihat bersama, pengerjaannya sudah berjalan. Keinginan masyarakat luas segera terealisasi setelah kita melalui proses panjang perizinan menembus hutan talang dan lahan konsesi ini dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beberapa waktu lalu,”ujar Bupati saat peninjauan.

Dikatakan mantan Camat Pinggir ini, selama ini keluhan yang selalu muncul kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang melibatkan mobil berat, namun kedepannya dengan difungsikannya nanti jalan ini, tidak ada lagi keluhan itu.

“InsyaAllah Maret tahun depan, jalan ini sudah difungsikan dan saat ini pengerjaan fisik ditengah hutan talang ini sudah mencapai 50 persen dengan panjang jalan yang dibuka mencapai 3,50 Kilometer,”terangnya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ardiansyah.

Tokoh Masyarakat Ucapkan Terimakasih Kepada Bupati Kasmarni dan PUPR Bengkalis

Pembangunan jalan lingkar Barat Duri yang saat ini tengah pekerjaan mendapatkan respon baik dari masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di Kelurahan Pematang Pudu, kecamatan Mandau.

Jalan Lingkar Barat Duri Yang Sudah di Aspal menembus Hutan Talang

Respon baik itu, ditunjukkan dengan menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Bengkalis Kasmarni dan Dinas PUPR Bengkalis yang disampaikan oleh salah satu Tokoh Masyarakat Kelurahan Pematang Pudu Hery Kusnadi.

“Selaku warga masyarakat sangat senang terkait pembangunan akses jalan Lingkar Barat Duri di Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau oleh Ibu Kasmarni,” ucapnya saat di konfirmasi awak media, Selasa 28 November 2023.

Heri menyebutkan, pembangunan jalan Lingkar Barat Duri ini sudah lama kami dambakan guna memperlancar lalulintas di daerah yang sedang berkembang. Selain itu untuk mendongkrak meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menghemat waktu perjalanan menjadi efektif dan efesien.

“Pembangunan akses jalan Lingkar Barat Duri menuju wilayah Pinggir ini akan sangat memperlancar arus lalu lintas distribusi barang dan jasa. Ini lah salah satu bagian yang menjadi terpenting dalam hal menumbuhkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya yang juga Ketua RT 02, RW 16 Kelurahan Pematang Pudu.

Ke depan, Ia yakin dan percaya bahwa warga Kelurahan Pematang Pudu dan sekitarnya akan menggunakan jalan yang ada di lingkungan Kelurahan Pematang Pudu ke jalan Lingkar Barat Duri menuju Kecamatan Pinggir untuk menghemat waktu ketimbang mereka harus melewati jalan lintas Duri (Jl.Hangtuah) menuju ke Tol di wilayah Kecamatan Pinggir dengan jarak tempuh yang cukup jauh karena berputar.

“Jalan Lingkar Barat Duri yang masuk
di lingkungan RW 16 Kelurahan Pematang Pudu akan menjadi jalan ring road dan ujungnya harga tanah di daerah ini akan menjadi mahal dan ekonomi kesejahteraan masyarakat akan meningkat dengan sendirinya,” paparnya

Selain itu ditambahkan Heri, pembangunan jalan lingkar Barat Duri di Kelurahan Pematang Pudu ini secara Auto memperbaiki drainase di wilayah lingkungan RW 16, dimana box culvert dipasang berfungsi mengalirkan air yang tergenang dikala hujan lebat.

“Sekali lagi, terimakasih kami kepada Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni, S.Sos MMP, Kadis PUPR Ardiansyah ST MT, Camat Mandau Riki Rihardi S.STP MSi, Lurah Pematang Pudu Rio Sentosa, S.STP dan semua pihak yang terkait,” pungkasnya. (Putra)

Komentar