PAIFORI Berikan Sertifikat Profesi AIFO Kepada Ketua KONI Bengkalis

Bengkalis, Olahraga1777 Dilihat

Bengkalis,DuriPos.com – Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (PAIFORI) secara resmi memberikan sertifikat pelatihan kepada ketua KONI Kabupaten Bengkalis Darma Firdaus, Senin (06/03/2023).

Sertifikat pelatihan tersebut diberikan dalam acara kegiatan workshop dan sertifikasi untuk memperoleh gelar profesi AIFO. Kegiatan itu berlangsung di Purwokerto dimulai dari tanggal 2 sampai 5 Maret tahun 2023.

Diketahui bahwa, AIFO (ahli ilmu faal Indonesia) merupakan gelar profesi ataupun penghargaan yang diberikan kepada seluruh peserta pelatihan yang sudah dinyatakan lulus.

Kepada wartawan Darma Firdaus mengatakan bahwa, untuk dapat mengikuti pelatihan tersebut, peserta harus memiliki pengalaman praktisi olahraga, atau praktisi kesehatan non dokter pada instansi ataupun perkumpulan klub.

Dikatakannya bahwa, gelar AIFO ini juga sudah diakui baik nasional maupun internasional. Syarat lain yang harus dipenuhi setiap peserta yang mengikuti kegiatan itu, peserta harus mendapatkan rekomendasi dari perkumpulan klub yang ada di daerah masing-masing.

Terpisah, Dewan Pendiri Paifori Prof. Dr. Beltasar Tarigan mengatakan dengan diraihnya sertifikat AIFO ini, berharap kepada Darma Firdaus agar dapat melakukan pembinaan kepada pelatih agar dapat mengukir prestasi di Kabupaten Bengkalis.

“Mengacu kepada pembinaan olahraga yang ada saat ini, seorang pelatih tidak bisa melakukan pola latihan seorang diri namun harus dilakukan bersama komponen olahraga agar bersatu padu di dalam pembinaan,” ujarnya.

Ia menyebutkan pelatih yang hebat itu harus ada ahli gizinya, psikolognya, dokter sport medis nya mereka ini yang harus bekerjasama menyusun periode dengan benar dan semuanya harus dilibatkan dengan benar.

Ia juga mencontohkan terhadap prestasi Jawa Barat yang meraih juara umum pada PON tidak terlepas dari pembinaan olahraga yang dilakukan secara ilmiah dalam mengukir prestasi, pelatihan dengan benar dengan program latihan yang benar dengan tujuan akhir yang benar.

“Jadi setifikat ini tidak hanya untuk Ketua KONI saja akan tetapi kita harapkan juga kepada pelatih-pelatih yang ada di Bengkalis harus diberikan pemahaman dan memiliki standar yang sama dengan mendapatkan sertifikat resmi yang diakui negara,” harapnya.

AIFO ini dikeluarkan Ikatan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi profesi yang diakui negara terdaftar resmi dalam Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).**

Komentar